oleh

Panduan Bisnis Baru untuk Menjadi Ramah Lingkungan

Yudha MAR

Banyak bisnis yang baru memulai menemukan bahwa persaingan untuk mendapatkan perhatian di web sangat ketat. Dan bisnis ini menemukan bahwa dengan menjadi hijau, mereka menunjukkan tanggung jawab perusahaan mereka, tetapi mereka juga menemukan bahwa ada manfaat finansial untuk menjadi hijau. Jadi bagaimana bisnis baru menjadi hijau dengan cara yang bertanggung jawab? Mulailah dengan melakukan penelitian di web dan buat daftar cara-cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjadi ramah lingkungan. Jika sebuah perusahaan akan mengklaim green, maka harus ada konsistensi dalam setiap aspek model bisnisnya. Jika bisnis Anda akan mengklaim sebagai hijau, maka Anda harus mempraktikkan apa yang Anda khotbahkan.

Sepuluh Cara Teratas Bisnis Baru Dapat Menjadi Ramah Lingkungan:

  1. Patuhi semua peraturan lingkungan yang relevan dengan industri Anda. Kepatuhan tidak hanya mengurangi jejak lingkungan perusahaan Anda, tetapi juga melindungi bisnis dari segala tindakan hukum atau denda dari pemerintah.
  2. Kembangkan rencana lingkungan seluruh perusahaan. Mengembangkan rencana lingkungan yang kuat akan membantu menentukan budaya perusahaan dan meningkatkan efisiensi energi perusahaan Anda untuk meminimalkan jejaknya. Rencana tersebut harus dengan jelas merinci strategi hijau perusahaan dan mendorong divisi di seluruh perusahaan untuk mengikuti lebih banyak praktik bisnis hijau yang membantu membentuk tujuan ramah lingkungan perusahaan secara keseluruhan.
  3. Bangun hijau. Jika perusahaan Anda membuka kantor baru atau memperluas lokasi, sekarang adalah saat yang tepat untuk menyertakan fitur hemat energi sebanyak mungkin. Anda dapat memasang sistem pemanas dan AC yang hemat energi, serta peralatan, perlengkapan, dan pencahayaan.
  4. Beli produk dan layanan ramah lingkungan. Saat membeli persediaan yang diperlukan atau penyedia layanan produksi untuk perusahaan, penting untuk berpikir hijau. Pemilik bisnis harus mempertimbangkan untuk mengisi lemari persediaan dengan produk yang terbuat dari bahan daur ulang atau dapat didaur ulang, berbasis bio dan tidak beracun. Carilah peralatan kantor yang memiliki rating hemat energi, seperti Energy Star.
  5. Pilih web hosting hijau. Banyak pemilik bisnis telah memutuskan untuk bertindak hijau dengan situs web mereka agar lebih konsisten dengan rencana tindakan hijau mereka. Pilih host web yang netral karbon dan menawarkan web hosting bertenaga angin atau bertenaga surya yang ramah lingkungan. Memindahkan situs web ke penyedia hosting web lain bukanlah tugas yang sulit, dan banyak host web bahkan menawarkan layanan migrasi situs gratis.
  6. Terapkan praktik hemat energi. Menggunakan peralatan kantor yang lebih hemat energi dan menerapkan praktik pengurangan energi di kantor akan membantu menyelamatkan lingkungan dan keuntungan Anda. Pengusaha harus menekankan kepada karyawan bahwa mereka berhati-hati dan konservatif dengan penggunaan energi mereka dan memberikan tip hemat energi.
  7. Kurangi, gunakan kembali, daur ulang limbah yang dihasilkan. Memperlancar operasi perusahaan dapat mengurangi pemborosan dan menghasilkan penghematan yang substansial serta peningkatan produktivitas. Untuk menghemat uang dan mengurangi limbah, usaha kecil harus menggunakan produk daur ulang pasca-konsumen dan mengurangi kemasan produk yang berlebihan.
  8. Hemat air. Program efisiensi air tidak hanya mengurangi tekanan perusahaan Anda pada pasokan air negara kita, tetapi juga mengurangi biaya perusahaan Anda dari pembelian, pemanasan, perawatan, dan pembuangan air. Bisnis kecil dapat mengurangi limbah air dengan menerapkan utilitas peralatan hemat air dan harus selalu berusaha meminimalkan pembuangan ke saluran pembuangan.
  9. Terapkan rencana pengurangan polusi di seluruh perusahaan. Setiap bisnis menghasilkan pemborosan, tetapi cara Anda menghadapinya yang memisahkan Anda dari kawanan. Lakukan langkah-langkah untuk meminimalkan limbah, baik kertas, air kotor, atau limbah berbahaya atau beracun yang memerlukan penanganan atau pembuangan khusus.
  10. Buat strategi pemasaran ramah lingkungan. Sebarkan berita tentang bisnis ramah lingkungan Anda dengan memasukkan klaim “hijau” dalam strategi pemasaran Anda untuk meningkatkan citra merek Anda. Lihat kembali tip # 5. Banyak host web hijau menawarkan lambang atau program sertifikasi untuk webmaster yang ingin menggunakan situs web mereka untuk menampilkan status “hijau” perusahaan yang ramah lingkungan.

Satu tip terakhir. Bergabunglah dengan program kemitraan dan penatalayanan industri untuk membantu Anda mengikuti perkembangan terbaru dalam proses dan peralatan ramah lingkungan, tetapi juga membantu membangun hubungan dengan pemilik bisnis ramah lingkungan lainnya di industri.

Seperti yang ditunjukkan, ada banyak corak hijau, jadi menjadi hijau bisa berarti banyak hal yang berbeda. Jika memilih rencana hijau di seluruh perusahaan penting bagi Anda atau organisasi Anda, lihat lebih dekat rencana bisnis Anda untuk mengetahui praktik hijau apa yang ada di dalam rencana dan perubahan apa yang perlu dilakukan. Pertimbangkan, misalnya, praktik sehari-hari yang Anda rencanakan untuk diterapkan dan kebijakan perusahaan tentang praktik ramah lingkungan seperti “kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang”.

© MAR

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay