oleh

Menjual Skenario – Analisis SWOT

-INFORMASI-49 views
Yudha MAR

Tertarik menjual skenario? Penulis skenario yang tertarik untuk menjual skenario perlu memperoleh pengetahuan manajemen bisnis dan pola pikir kewirausahaan. Bagaimanapun juga, Anda adalah pekerja lepas kreatif yang memasarkan diri sendiri serta produk skenario mereka. Anda perlu memiliki pola pikir bisnis untuk menghasilkan uang dan sukses sebagai penulis skenario. Pertama, Anda perlu memahami pentingnya analisis SWOT yang berkaitan dengan penulis skenario. SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Analisis SWOT adalah apa yang harus Anda buat untuk setiap proyek penulisan skenario dan tujuan jangka panjang yang ada dalam pikiran Anda.

Misalkan, tujuan jangka panjang Anda adalah menjual skenario. Ini adalah tujuan yang sangat mudah yang dimiliki semua penulis skenario baru. Jadi, Anda harus bertanya pada diri sendiri, “Apa kekuatan saya sebagai penulis skenario?” Tuliskan semua kekuatan yang Anda miliki yang membuat Anda menjadi penulis skenario yang berharga dan dapat dipasarkan. Ini bisa berupa keterampilan menulis Anda, imajinasi kreatif, hasrat untuk film, koneksi yang Anda miliki dan sistem pendukung apa pun yang memberi Anda kekuatan dalam bisnis. Ini akan memberi tahu Anda apa yang Anda bawa ke meja langsung dari kelelawar. Kemudian apa yang tidak Anda miliki sebagai kekuatan akan berakhir di daftar Anda berikutnya, yaitu daftar kelemahan Anda. Jika Anda adalah penulis skenario baru tanpa agen atau koneksi apa pun, Anda akan memasukkannya ke dalam daftar kelemahan Anda. Anda juga dapat meletakkan kelemahan pribadi yang terkait dengan keterampilan menulis dan kepribadian Anda seperti tata bahasa yang buruk, tanda baca yang buruk, tenggat waktu yang terlewat, perilaku antisosial, dan apa pun yang menurut Anda merusak kesempatan Anda untuk menjual skenario.

Peluang adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh setiap freelancer. Sebagai penulis skenario dengan keinginan menjual skenario, Anda akan mencari peluang dan peluang eksternal yang dapat Anda buat sendiri. Tentu saja, pertunjukan berbayar adalah apa yang akan Anda miliki di awal untuk mendapatkan pengalaman dan membangun daftar koneksi. Tetapi Anda tidak ingin menulis cerita dan ide orang lain selamanya. Pada akhirnya Anda ingin menciptakan peluang Anda sendiri dengan menjual skenario Anda sendiri dan menjadi pengusaha untuk melakukannya. Ini akan memberi Anda lebih banyak kepemilikan dan kendali atas ide-ide Anda sendiri. Tidak hanya itu, potensi keuntungannya jauh lebih tinggi. Jadi yang ingin Anda lakukan adalah menuliskan semua peluang yang Anda miliki saat ini dalam bisnis, seperti tempat atau orang yang Anda kenal dapat memberi Anda pekerjaan.

Kemudian Anda ingin menuliskan peluang yang Anda miliki untuk mengembangkan dan menjual skenario. Ini dapat mencakup nama festival, investor, produser, dan koneksi yang Anda miliki. Anda mungkin menemukan beberapa di antaranya terkait dengan kekuatan Anda. Tetapi perbedaannya adalah Anda harus bertanya pada diri sendiri tentang kemampuan Anda untuk menemukan peluang. Tanyakan pada diri Anda, “Apakah saya membangun jaringan?” “Apakah saya meneliti semua peluang di luar sana?” “Apakah saya selalu mempromosikan diri sendiri?” Terkadang Anda mungkin ahli dalam hal-hal ini, tetapi Anda lupa melakukannya karena alasan apa pun. Jadi dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri, mereka dapat bertindak sebagai pengingat tentang apa yang harus Anda lakukan untuk meraih semua kemungkinan peluang yang ada untuk Anda.

Sedangkan untuk ancaman, ini sedikit berbeda dengan kelemahan. Ancaman untuk menjual skenario pada dasarnya adalah semua masalah yang mungkin Anda hadapi sebagai penulis skenario. Beberapa dari ancaman ini bisa jadi kekurangan dana, uang mengering, penulis diblokir, ide-ide yang dicuri, dan tidak ada pertunjukan berbayar. Setelah Anda membuat daftar ini, tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda akan mengatasi hambatan-hambatan tersebut jika Anda dihadapkan pada mereka. Manakah dari kekuatan Anda yang akan membantu Anda mengatasi ancaman ini? Manakah dari kelemahan Anda yang memungkinkan ancaman ini?

Bagaimana ancaman penjualan skenario ini diubah menjadi peluang? Misalnya, jika ancaman yang Anda hadapi adalah Anda tidak memiliki pertunjukan berbayar, ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengerjakan ide skenario Anda sendiri alih-alih menulis skenario berdasarkan ide orang lain. Jika ancaman Anda adalah penghambat penulis, maka mungkin Anda bisa berhenti menulis dan fokus pada promosi diri dan pemasaran. Ini adalah jenis pola pikir yang perlu Anda miliki ketika melihat ancaman Anda. Dan sekarang setelah analisis SWOT Anda selesai, Anda dapat merujuknya kembali sambil mencoba menetapkan tujuan jangka panjang asli Anda untuk menjadi penulis skenario yang sukses.

Semoga Rangkaian kata dan kalimat Menjual Skenario – Analisis SWOT
yang saya racik di dapur saya dengan bumbu spesial untuk rekan rekan pembaca Menjual Skenario – Analisis SWOT
dapat dijadikan tuntunan dan bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa mari kita saling berbagi. © MAR

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay