oleh

Hujan Ekstrem di Pulau Jawa, BPPT Siapkan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca

-INFORMASI-33 views
Yudha MAR

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) siap melaksanakan operasi teknologi modifikasi cuaca redistribusi curah hujan untuk mengurangi hujan ekstrem yang melanda wilayah Pulau Jawa saat ini.

Operasi tersebut bakal dijalankan oleh Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC).

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan sejak Desember 2020, upaya mitigasi banjir melalui operasi TMC sudah diwacanakan pada beberapa rapat koordinasi kementerian/lembaga untuk antisipasi fenomena La Nina serta faktor cuaca lainnya.

“Namun hingga saat ini belum ada arahan pelaksanaan operasi TMC, baik di wilayah DKI Jakarta maupun di wilayah-wilayah potensi banjir lainnya,” ungkap Hammam Riza di Jakarta, Selasa (9/2).

Berdasarkan prediksi cuaca, mayoritas wilayah Pulau Jawa, beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Oleh karena itu pelaksanaan TMC redistribusi curah hujan wilayah banjir perlu segera dilakukan guna mengantisipasi makin meluasnya wilayah terdampak banjir.

Merujuk hasil TMC redistribusi curah hujan di Jabodetabek pada 2020, teknologi itu mampu mengurangi curah hujan sebesar 21-47 persen terhadap curah hujan alamnya.

Diharapkan dengan penerapan operasi TMC saat ini akan mengurangi potensi kerugian baik secara ekonomi maupun sosial.



Kabar berita dan informasi Hujan Ekstrem di Pulau Jawa, BPPT Siapkan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca ini saya ambil dari berbagai sumber, kemudian saya olah di dapur saya dan akhirnya bisa tampil disini untuk dibagikan dan jangan lupa diberikan jejak bintang oleh rekan rekan pada kolom dibawah. © MAR

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay