oleh

Walking Around Solo ⁴ᴷ⁶⁰ ~ TRI WINDU ANTIQUES MARKET [Pasar Barang Antik di Solo] ~ Central Java

Yudha MAR

Rangkaian vidio Walking Around Solo ⁴ᴷ⁶⁰ ~ TRI WINDU ANTIQUES MARKET [Pasar Barang Antik di Solo] ~ Central Java ini saya racik spesial untuk pennton yang selalu setia stand di website saya, dan semoga bisa bermanfaat untuk rekan rekan semua.

Location Maps : https://bit.ly/3i9kdAk

https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Triwindu

#PasarTriwindu (bahasa Jawa: ꦥꦱꦂ​ꦠꦿꦶꦮꦶꦤ꧀ꦝꦸ) adalah pasar barang-barang antik, tiruannya, serta onderdil khusus (klithikan) yang berada di Kota #Surakarta.

Pasar ini dibangun di selatan kompleks #IstanaMangkunegaran, tepatnya di sisi timur boulevard yang mengarah ke gapura istana. Secara administratif berada di wilayah kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Disebut #Triwindu karena dibangun pada tahun 1939 oleh KGPAA Mangkunegara VII sebagai peringatan 24 tahun (tiga windu) masa pemerintahannya.

Pada 5 Juli 2008, pasar ini dipugar dan dibuat bangunan baru yang disesuaikan dengan arsitektur budaya #Solo. Pasar itu dibuat menjadi dua lantai, sehingga kios-kios yang awalnya berhimpitan menjadi agak longgar. Sehingga, pasar ini menjadi memiliki halaman yang luas untuk parkir. Di area parkir yang luas ini sering digunakan sebagai kegiatan seni budaya, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Semenjak dipugar menjadi megah, pasar ini berubah namanya menjadi #PasarWindujenar oleh Pemkot setempat. Padahal, merujuk pada sisi sejarah berdirinya pasar tersebut adalah untuk memperingati KGPAA Mangkunegara VII yang telah bertahta selama 24 tahun atau istilahnya adalah triwindu. Akhirnya, pada 17 Juni 2011 nama pasar ini dikembalikan sesuai aspek historisnya, yaitu Pasar Triwindu.

https://travel.tribunnews.com/2020/04/06/jelajah-pasar-triwindu-surga-barang-antik-di-solo

Kalau kamu pecinta #barangantik maka harus pergi ke Pasar Triwindu, Solo.
Pasar Triwindu menjual banyak barang antik bekas dengan kondisi yang baik.
Ketika memasuki lorong-lorong di Pasar Triwindu, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan barang-barang antik nan cantik.

Pasar Triwindu yang berdiri sejak 1939 ini dibuat untuk meramaikan perayaan naik tahta #AdipatiSriMangkunegara VII yang ke 24.

24 tahun dalam istilah penanggalan #Jawa adalah tiga windu atau tri windu.
Windu adalah sebutan untuk masa 8 tahun, sementara tri adalah tiga, jadi 3 kali 8 tahun adalah 24 tahun.

Sudut-sudut yang diisi dengan berbagai barang antik pada setiap lorongnya menjadi pemandangan yang unik bagi para pengunjung pasar Triwindu.

Berbagai macam aneka lampu antik, #lamputeplok, #topeng, hingga piring kaca menghiasi seluruh dinding-dinding Pasar Triwindu.

Tak hanya itu, koleksi lainnya seperti #wayang, #keris kuno, patung, #koin kuno, beragam onderdil bekas tersedia di pasar Triwindu.

==============

Barang-barang antik dan kuno yang dijual di pasar berlokasi di #JalanDiponegoro Kelurahan #Keprabon, Kecamatan #Banjarsari, Solo harganya bervariasi. Mulai harga termurah dari ribuan, ratusan ribu hingga puluhan juga rupiah.
Para pembeli yang datang ke pasar ini sebagian besar para pelancong yang hobi mengkoleksi barang-barang antik dan kuno.
Mereka datang tidak hanya dari penjuru daerah di Indonesia. Tetapi ada juga dari kolektor mancanegara (luar negeri). Seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, Belanda dan lainnya.

Pasar Triwindu buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Pasar Triwindu sampai sekarang masih menjadi primadona dan pilihan bagi para kolektor yang ingin mencari barang-barang antik dan kuno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pasar Triwindu Solo, Pusatnya Barang Antik dan Kuno Khas Mangkunegaran”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2019/01/11/13520341/pasar-triwindu-solo-pusatnya-barang-antik-dan-kuno-khas-mangkunegaran?page=all.

Semoga vidio Walking Around Solo ⁴ᴷ⁶⁰ ~ TRI WINDU ANTIQUES MARKET [Pasar Barang Antik di Solo] ~ Central Java dapat bermanfaat untuk kita semua. © MAR

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay