oleh

Sidang Lanjutan Sengketa Pilkada OKU Selatan Digelar Hari Ini – ~

-SUKA-51 views
Yudha MAR

MUARADUA – Sidang sengketa Pilkada OKU Selatan tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi terus berlanjut. Usai sidang pendahuluan mendengarkan tuntutan pemohon (29/1) lalu, Sidang lanjutan kedua Pilkada OKUS digelar (9/2) hari ini.

Agenda sidang kedua kali ini, yakni mendengarkan keterangan Termohon (KPUD OKUS), Pihak Terkait (Paslon), dan Bawaslu OKUS serta pengesahan alat bukti dari semua pihak.

Menghadapi sidang kedua Ketua KPUD OKU Selatan Ade Putera Martabaya, mengaku jika pihaknya sudah siap untuk memaparkan penyampaian didepan hakim MK.

KPUD OKUS juga tetap pecaya diri menjalani seluruh rangkaian sidang kedua, mengingat pihaknya telah menyiapkan bukti-bukti untuk memperkuat argumen.

Ade Putra Martabaya SH Selaku ketua KPU Kabupaten OKU Selatan mengatakan jika pihaknya saat ini telah menyiapkan bukti – bukti yang menjadi tuntutan pemohon pada sidang sebelumnya.

” InsyaAllah sudah siap. Kami juga sudah siapkan semua bukti – bukti yang akan disampaikan pada sidang nanti,” terangnya, (08/2) kemarin.

Lanjut Ade, Sidang berdasarkan perkara Nomor 33/PHP.BUP-XIX/2021 dengan agenda mendengar keterangan Termohon, Pihak Terkait, dan Bawaslu rencana dijadwalkan dimulai pukul 11.00 WIB.

Sama halnya dengan sidang perdana, pada sidang kedua kali ini juga diperkirakan tidak berjalan alot. Lantaran hanya berupa balasan penyampaian pendapat, dari tututan pemohon. ” Mudah-mudahan sidang berjalan lancar, tidak ada hambatan,” terangnya.

Disisi lain, seperti diketahui sebelumnya Perkara PHP Bupati Ogan Komering Ulu Selatan dengan nomor registrasi No. 33/PHP.BUP-XIX/2021 disidangkan.

Dimana Pemohon saudara Yasin Hidayat yang merupakan Badan Pemantau Pemilu Sumatera Selatan (BP2SS) Perwakilan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan mengajukan gugatan dengan tututan pembatalan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selata.

Isi dari gugatan Nomor 706/PL.03.6-Kpt/1609/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan cacat hukum karna dianggap banyak menabrak aturan.

Pemohon memohon kepada MK untuk membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Nomor 706/PL.03.6-Kpt/1609/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 2020.

Tuntutan puncak dari pemohon meminta MK agar mengeluarkan keputusan melaksanakan pemungutan suara ulang di seluruh TPS yaitu sebanyak 893 TPS yang ada di seluruh Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. (end)



Terimakasih sudah membaca rangkaian kata Sidang Lanjutan Sengketa Pilkada OKU Selatan Digelar Hari Ini – Yudha MAR ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

©

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay