oleh

China berencana membangun bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia

-INFORMASI-72 views
Yudha MAR

ILUSTRASI. China. REUTERS/Tingshu Wang

Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Di kaki bukit Himalaya, tempat peradaban Yarlung kuno mendirikan Kekaisaran Tibet pertama, China berencana membangun bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia. Pada November tahun lalu, media milik negara China membagikan rencana pembangunan bendungan besar 60 gigawatt di sungai Yarlung Tsangpo di Daerah Otonomi Tibet (TAR).

Sekarang dengan tujuan mencapai netralitas karbon pada tahun 2060, Beijing telah melipatgandakan upayanya pada proyek pembangkit listrik tenaga air di Tibet, meskipun bendungan tersebut telah menuai kritik dari kelompok hak asasi dan pencinta lingkungan Tibet.

Tenzin Dolmey tidak pernah menginjakkan kaki di Dataran Tinggi Tibet, tetapi dia dibesarkan dengan cerita tentang sungai dan gunung besar, yang membentuk rumah leluhurnya. “Menghormati alam begitu mengakar,” kata Dolmey, yang dibesarkan di antara pengasingan Tibet di India dan sekarang mengajar bahasa dan budaya Tibet di Melbourne, kota terbesar kedua di Australia.

Baca Juga: Pakistan berharap bisa gelar latihan militer bersama dengan kapal induk China

“Saat kami berenang di sungai, kami diberitahu untuk tidak pernah menggunakannya sebagai kamar mandi, karena ada dewa sungai di dalam air.”

Yarlung Tsangpo sangat penting, karena melambangkan tubuh dewi Dorje Phagmo, salah satu inkarnasi tertinggi dalam budaya Tibet.

Tempa Gyaltsen Zamlha, kepala Lingkungan dan Pembangunan di Institut Kebijakan Tibet, mengatakan penghormatan terhadap alam ini lahir dari lanskap unik Dataran Tinggi Tibet dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

 




Kabar berita dan informasi China berencana membangun bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia ini saya ambil dari berbagai sumber, kemudian saya olah di dapur saya dan akhirnya bisa tampil disini untuk dibagikan dan jangan lupa diberikan jejak bintang oleh rekan rekan pada kolom dibawah. © MAR

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay