oleh

Pemkot Palembang Pastikan Tak Ada Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro

Yudha MAR

Yudha MAR, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang memastikan Perayaan Cap Go Meh yang biasa dipusatkan di Pulau Kemaro pada tahun ini ditiadakan.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pemkot sebetulnya tidak melarang kegiatan perayaan dalam rangkaian tahun baru imlek.

“Silakan untuk merayakan ritual keagamaan tetapi untuk kumpul-kumpul ramai itu tidak boleh,” katanya, Senin (8/2/2021).

Harnojoyo mengatakan apalagi tradisi perayaan Cap Go Meh biasanya dihadiri hingga puluhan ribu orang. Tentu saja kegiatan yang menimbulkan kerumunan itu bakal tidak sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.
Dia mengaku pembatalan perayaan Cap Go Meh tentu akan berdampak terhadap pariwisata Kota Palembang. Pasalnya, agenda tahunan itu biasanya berkontribusi terhadap peningkatan jumlah wisatawan dan tingkat kunjungan hotel di kota itu.

Berdasarkan pantauan Bisnis, pengelola Pulau Kemaro telah memasang spanduk di gerbang pulau yang berada di tengah Sungai Musi tersebut. Dalam spanduk itu bertuliskan bahwa tak ada Perayaan Cap Go Meh pada tahun ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani mengatakan, saat ini penyebaran Covid-19 masih masif di Kota Palembang. 

Oleh karena itu, adanya kebijakan dari Yayasan Toa Pekong agar meniadakan Cap Go Meh di Pulau Kemaro disetujui Pemkot Palembang.

“Kami menyetujui kebijakan itu, dan memang ini harus didukung karena memang sudah seharusnya ditiadakan karena memicu keramaian,” ujarnya.

Jika sesuai jadwal, perayaan Cap Go Meh bakal berlangsung pada 24 Februari–25 Februari 2021.

“Biasanya yang datang bisa 40.000 orang di acara Cap Go Meh. Suasana lagi Covid-19 ini risikonya besar, sangat bagus kalau ditiadakan,”kata dia.

Diketahui, Yayasan Toa Pekong telah mengeluarkan surat edaran terkait peniadaan tradisi setelah hari Imlek. 

Pihaknya menilai, kebijakan tersebut harus diambil karena Palembang yang berada di zona merah atau tingkat risiko penyebaran Covid-19 tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imlek sumsel

Konten Premium

Masuk / Daftar

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Rangkaian kata dan kalimat Pemkot Palembang Pastikan Tak Ada Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro ini dikutip dari berbagai sumber, dan spesial saya publikasikan untuk rekan rekan….. makanya, jangan lupa tinggalkan jejak rekan rekan dibawah ya….. © MAR

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay