“Sumsel dalam angka” solusi mempercepat transformasi layanan publik

SUKA47 views
Yudha MAR

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Rizwan mengatakan hal tersebut guna mempercepat transformasi layanan publik, yang difokuskan dalam bentuk penyajian keperluan data. Seperti, data sektoral, geospasial, statistik kependudukan terbaru dan semacamnya.

“Perkembangan satu data Indonesia di Sumsel sudah berjalan sebagaimana mestinya. Kami (Diskominfo) selaku wali data, sekarang dengan BPS dan Bappeda sedang mempersiapkan “Sumsel dalam angka”, yang disiapkan sebagai Data kebutuhan regional Sumsel,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumsel, Rizwan, Senin (8/1).

Aplikasi yang berbasis web dan android tersebut, sambung Rizwan, akan mengintegrasikan data di kabupaten kota. “Dalam waktu dekat di Febuari ini akan segera kita realisasikan. Yang mana bagi siapapun membutuhkan sajian data seperti, Data kependudukan, jumlah UMKM di Sumsel, harga komoditas perkebunan, dan cuaca akan didapat dalam satu aplikasi, tinggal download di android saja,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dikatakan Rizwan semua data yang disajikan mempunyai standarisasinya. Yang terdiri atas meta data, dan kode referensi. “Kode referensi ini mutlah harus ada sebab, akan disinkronkan secara nasional,” cetusnya.

Dijelaskannya, Khusus di Sumsel sendiri ditambah dengan data kebutuhan regional. Misalkan wisatawan luar kota butuh referensi tempat pariwisata di Sumsel atau juga bagi mereka yang ingin mengetahui arti lambang daerah seperti Palembang atau OKU dan lainnya, bisa dilihat di Simata.

“Updating data akan dilakukan pertahunnya. Semua OPD sudah menyiapkan data, cuma yang sekarang tinggal disesuaikan. Semua data akan Terpadu secara nasional, kecuali data regional tadi,” pungkasnya. (Bim)

Terimakasih sudah membaca rangkaian kata tentang Diskominfo Sumsel Siapkan Layanan Sumsel Dalam Angka yang sudah tayang di Yudha MAR ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © MAR

Nilai Kata & Kalimat

Berikan Komentarmu