oleh

Pendidikan Akhlak Itu Penting – ~

-SUKA-52 views
Yudha MAR

Yudha MAR, PALEMBANG – Gubernur Sumsel, H Herman Deru, melangsungkan Pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Wilayah Sumsel dan Pengukuhan Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan (PTKIS) Kopertais Wilayah VII se- Sumbagsel. Di Griya Agung, Minggu (7/2).

Dikesempatan tersebut, Deru menyampaikan, besar harapan masyarakat dengan adanya organisasi tersebut, semakin memfasilitasi peserta didik Sumsel untuk mendapatkan pendidikan formal dalam nafas keagamaan kearah yang lebih maju, dan bersaing tanpa meninggalkan kearifan budaya mereka.

“Harapan kita, tenaga guru dan dosen yang tergabung disini, tidak hanya menjadi guru pengajar formal dalam kelas. Namun, juga menjadi guru yang dapat ditiru, dipercaya dan dikuti oleh muridnya. Dengan adanya pengurusan ini akan lebih mudah mendiskusikan segala sesuatu khususnya materi kurikulum,” kata Deru.

Tak lupa juga menaruh fokus dalam pendidikan akhlak, sambung Kepala Pemerintahan Sumsel tersebut. Ia menganggap akhlatulkarimah merupakan pendidikan yang fundamental dan sangat penting. Sebab disanalah episentrum men rea seseorang berada.

“Untuk tidak mengkotak-kotakan diri, kita ini heterogen dalam suku bahasa dan agama. Ke uhkwahan dari dalam yang saya maksud ini, supaya tidak memaksakan kehendak ego pribadi maupun kelompok dalam setiap pengambilan keputusan yang menyangkut kemaslahatan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS), melalui Koordinator Kopertais Wilayah VII Sumbagsel, Prof Dr Nyayu khodijah SAg Msi mengatakan, setelah dikukuhkan gubernur semakin memantapkan keberadaan Kopertais, untuk mewadahi sinergisitas 30 PTKIS di Sumsel dalam menyongsong masa depan ilmu pengetahuan dan teknologi. Khususnya dalam situasi pembelajaran selama masa sulit dampak Pandemi COVID-19 sekarang ini.

“Dapat saling mendukung satu sama lain, supaya semakin maju dan berkembang. Tidak ada superman yang ada ialah super team dibawah Kopertais VII Sumbagsel ini,” harap Nyayu.

Lebih lanjut Nyayu mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan untuk mengkombinasikan program kampus merdeka merdeka belajar (KMMB) dengan metoda belajar Blended learning. Supaya mahasiswa dapat memperoleh pengajaran yang maksimal selama penerapan kegiatan belajar mengajar secara daring.

“Kita perguruan tinggi dibawah Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. Masih menerapkan pembelajaran secara daring. Namun, kita sekarang kami lagi mengkonsep KMMB dengan Blended Learning. Supaya nanti mereka dapat belajar dikampus secara langsung, khususnya untuk mahasiswa baru,” pungkas Rektor UIN Raden Fatah, Palembang ini. (bim)

 



Terimakasih sudah membaca rangkaian kata Pendidikan Akhlak Itu Penting – Yudha MAR ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

©

Nilai Kata & Kalimat

Komentar

Berikan Komentarmu

News ToDay