Raih Untung dari Serabut Kelapa

USAHA61 views
Yudha MAR

Sabut kelapa biasa kami menyebutnya (salam bahasa sunda) yang memang waktu dulu dipakai hanya untuk alat mencuci peralatan dapur kalau di kampung atau bahkan kerbau pun memakai sabut kelapa untuk memandikannya, selain itu hanya untuk bahan bakar, dan dibakar begitu saja, karena dianggap sampah oleh kebanyakan orang.

Dianggap sampah

Mungkin banyak diantara anda sekalian apabila melihat tumpukan sabut (serabut) kelapa yang banyak berserakan di pasar mungkin atau di penjual-penjual kelapa, melihat tumpukan serabut tersebut terlihat seperti sampah yang tak ada gunanya. Lain lagi dengan beberapa orang yang berfikir kreatif dan positif melihat tumpukan sampah serabut tersebut sebagai peluang bisnis yang sangat menggiurkan.Karena sudah ada yang membuktikan memang berbisnis serabut kelapa ini sangat menggiurkan, dengan omzet ratusan juta per bulan dari pengolahan serabut kelapa menjadi bahan turunannya. Beberapa turunan produk dari serabut kelapa yang mempunyai kualitas yang tinggi mulai dapat do ekspor ke luar negeri seperti jepang, Amerika, Australia dan negara-negara timur tengah.

Apa manfaatnya serabut kelapa

Serabut kelapa dapat dijadikan keset yang mungkin anda juga sering melihat kalau kita mau masuk rumah atau perkantoran ada keset yang bertuliskan wellcome, itu adalah salah satu produk turunan dari serat serabut kelapa yang telah diolah menjadi keset. Serabut kelapa juga diluar negeri seperti India serabut kelapa dijadikan matras, sofa, springbed, bahan jok mobil, bahkan jok pesawat juga terbut dari serat serabut kelapa.Selain serat serabut kelapa, serbuk serabutnya (dikenal dengan cocopeat), cocopeat ini dimanfaatkan untuk media tanam dalam pot, dan juga di pakai untuk pupuk organik yang diolah lagi sedemikian rupa secara alami. Disini kita dapat melihat peluang bisnis dari pengolahan dan penjualan barang-barang tersebut. Yang cukup menjanjikan dikarenakan kelapa adalah tanaman tropis, yang tentunya disetiap pelosok daerah di Indonesia anda dapat menjumpai pohon kelapa.

Bagaimana mengolah serabut kelapa?

Mengolah serabut kelapa dapat anda gunakan cara yang sangat tradisional sampai modern, tergantung modal anda sendiri. Secara umum mengolah serabut kelapa anda harus pisahkan serabut kelapa dari biji kelapa (batok kelapanya), setelah terkelupas dari batok kelapa anda dapat mengurai serabut kelapa dengan car mencacah dengan mesin pencacah sabut kelapa yang kini banyak tersedia dibeberapa tempat/toko mesin atau secara tradisional memakai pencacah seperti garpu yang dimodifikasi supaya serabut kelapa menjadi seperti serat atau benang kusut. Setelah menjadi serat yang bersih dari butiran-butiran serabut kelapanya ini yang disebut dan banyak dikenal dengan Cocofiber. Cocofiber ini lah yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan produk turunan seperti keset, matras, sofa, springbed (kasur), dan jok, dan tidak sedikit pula Cocofiber ini dapat diekspor ke beberapa negara di beberapa benua.

Beberapa Produk turunan dari serabut kelapa:

1.    Cocofiber – (bahan ini berupa serat yang bersih dari serbuk kelapa, cocofiber adalah produk setengah jadi yang dapat di olah kembali menjadi keset, matras, jok, sofa dan springbed)

2.    Cocopeat – (bahan ini berupa serbuk serabut kelapa yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam, serta pupuk organik berguna untuk menyuburkan tanah).

Kesediaan bahan baku

Indonesia adalah negara tropis yang tentunya banyak dan cocok untuk pohon kelapa tumbuh dengan subur dan lebat buahnya. Dan tidak dipungkiri pula kesediaan bahan baku yang melimpah dari kelapa akan menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi petani kelapa untuk dapat terjun melakoni bisnis pengolahan serabut kelapa ini. Dengan analisa bisnis yang cukup dan kesedian bahan baku anda dapat memanfaatkan bisnis ini untuk membuka lapangan pekerjaan serta mata rantai ekonomi yang sehat.

Sebelum terjun untuk berbisnis ini anda diharapkan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang cukup serta jaringan pamasaran yang memadai untuk menopang keberhasilan bisnis pengolahan serabut kelapa ini. Semoga artikel ini menjadi inspirasi anda memanfaatkan serabut kelapa menjadi bahan yang bermanfaat bagi semua.

Artikel keren lainnya:

Blogger Templates

Terimakasih sudah membaca rangkaian kata tentang Raih Untung dari Serabut Kelapa ini, semoga kata kata diatas bisa jadikan pedoman dan bermanfaat untuk kesuksesan usaha rekan rekan semua.

#MAR

Nilai Kata & Kalimat

Berikan Komentarmu