Perjalanan Erick Thohir jadi Bos Inter Milan

USAHA44 views
Yudha MAR

Pebisnis Indonesia yang Menjadi Bos Klub Raksasa Sepakbola Italia

Siapa yang tak kenal dengan klub sepakbola dari Italia Inter Milan, anda yang menyukai sepakbola pasti tidak asing dengan nama Inter Milan dari Kota Milan adalah tim sepakbola yang menjadi primadona di Italia, Inter Milan adalah klub sepakbola raksasa Italia. 

Apakah anda tahu bahwa presiden dari klub tersebut berasal dari Indonesia yaitu bernama Erick Thohir, ternyata perjalanan bisnis sebelum menjadi bosnya Inter Milan ia juga pernah mempunyai saham di klub basket NBA Amerika Serikat yaitu klub dari Philadelpia 76 Sixers. Erick Thohir juga di jagat bisnis Indoneisa ia juga menggeluti bisnis media massa Republika.

Latar Belakang Erick Thohir

Ia adalah seorang anak yang lahir 30 Mei 1970 ini memang keturunan pebisnis karena seorang ayah adalah bos dari Astra Internasional Teddy Thohir. Setelah tamat SMA ia melanjutkan pendidikannya ke Amerika di Universitas Glendale, dan meneruskan gelas master di Universitas Nasional California. 

Perjalanan Bisnis Erick Thohir

Perjalanan bisnisnya memang sangat mengesankan sebelum menjadi presiden Inter Milan, setelah menyelesaikan pendidikannya di Amerika ia balik ke tanah air dan mendirikan Mahaka Group, hal pertama yang melejitkan namanya di bisnis media Indonesia adalah ia membeli harian Republika yang waktu itu memang sedang terseok-seok. Bisnis media ini ia lakukan karena terinspirasi oleh tokoh pendiri Kompas yaitu Jacoeb Utama dan pemilik Harian Jawa POS yaitu Dahlan Iskan. Selain harian Republika Erick Thohir ini juga mengakuisisi Harian Indonesia yang notabene adalah koran berbahasa mandarin pertama dan terbesar di Indonesia. Mahaka Group juga mempunyai bisnis media lainnya yaitu Televisi ( JAK TV ) dan Radio yaitu Prambors FM, Gen FM, dan Delta FM. Erick Thohir juga mempunyai penerbitan buku Republika dan ia pernah menulis buku juga berjudul Pers Indonesia di Mata Saya.

Sebelum ke Inter Milan

Erick Thohir ini sebelum membeli mayoritas saham dari Inter Milan ia sudah berkelana menjadi pebisnis di bidang olahraga sejak tahun 2006 kalau tidak dalah itu juga menurut berita dan info yang beredar, bahwa pebisnis ini telah banyak berkecimpung di bidang olahraga yaitu pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) dan juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara, menjabat 2 kali periode 2006-2014. Selain itu ia juga ia membeli mayoritas saham klub sepakbola MLS Amerika yaitu D.C. United bersama Levine. Di Amerika Erick Thohir juga membeli saham klub basket NBA Philadhelpia 76 Sixers, yang menjadikan orang asia pertama yang memiliki tim basket di NBA.

Pada tahun 2013 Erick Thohir membeli mayoritas saham dari klub Internazionale Milano dengan nama populer Inter Milan klub sepakbola raksasa Italia. Erick Thohir memiliki saham tepatnya 70% dan Moratti pemilik Inter Milan sebelumnya 30%. Ia tidak sendirian membeli saham Inter Milan bersama Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo yang tergabung dalam International Sport Capital. Dan puncak pimpinan Inter Milan jatuh kepada Erick Thohir yang menjadi Presiden Inter Milan dan Moratti menjadi Presiden Kehormatan di klub Inter Milan tersebut.

Artikel keren lainnya:

Blogger Templates

Terimakasih sudah membaca rangkaian kata tentang Perjalanan Erick Thohir jadi Bos Inter Milan ini, semoga kata kata diatas bisa jadikan pedoman dan bermanfaat untuk kesuksesan usaha rekan rekan semua.

#MAR

Nilai Kata & Kalimat

Berikan Komentarmu